Rabu, 04 September 2013

Tugas Nge_Blog

Terlintas dibenak saya memberikan tugas pada siswa didekolah tempat saya mengajar (Kelas XI SMA) untuk membuat blog. Ide itu muncul, karena semakin tidak terkendalikan ketika saya mencoba masuk di Facebook, saya temukan tulisan-tulisan siswa saya dalam status Facebook, yang menuliskan keadaan, pengalaman, atau sekedar informasi tentang dirinya. terlepas tulisan itu penting tau tidak, saya berfikir jika tulisan-tulisan itu dituangkan dalam tulisan di Blog, dalam bentuk artikel, maka mereka akan coba berkali-kali membaca sebelum dipublish, karena saya menekankan jika tulisan yang kalian tulis apapun itu, berisi informasi yang memang valid, boleh tentang kegemaran, hobi, aktifitas, cerita diri, atau yang laian-lain.

Alasan kedua, karena menurunnya selera membaca,terlebih menulis informasi untuk di share. terlihat dari adanya toko buku "Toga Mas" dipasuruan yang ditutup, karena sepi pengunjung, padahal saya baru saja menambah daftar member di toko tersebut, selain toko buku yang lain.(alasan pribadi hehehe...). Saya berkali-kali membaca jika selera membaca yang tinggi selalu selaras dengan majunya sebuah Negara tersebut dalam SDM penduduknya. Dan yang saya pelajari di agamapun, khususnya islam sangat dianjurkan untuk membaca, terbukti dengan turunnya ayat yang pertama berbunyi irqo (yang artinya "baca"). Dan awal muncul kegemaran menulis, pasti diiringi dari seberapa banyak yang dibaca sebagai pusat informasi.

Bagaimana nasib negara tentunya ditentukan bagaimana pola pikir penduduknya, dan bagaimana nasib kedepan negara ini juga tergantung dari bagaimana life style generasi muda di negara ini. Menjadi tanggung jawab siapa? Pemerintah? Orang tua? Guru? Ustadz? Menurut pendapat saya pribadi itu menjadi tanggung jawab kita semua, sekecil papun upaya yang kita lakukan. Tentunya kita tidak menginginkan generasi kedepan hanya diisi dengan jiwa-jiwa yang sibuk dengan budaya konsumtif, hedonis, alay, bermalas-malasan, hura-hura. Semua memiliki porsi sendiri-sendiri, jangan sampai porsi belajar, membaca, menambah wawasan terhilangkan, atau minim, tertutup dengan porsi besar menikmati dunia hiburan, atau keasyikan dengan gadget.

Tugas membuat blog yang saya berikan ke siswa saya merupakan tugas mandiri, saya meminta mereka membuat account, mendesign, dan memposting dalam waktu satu bulan, diluar jam pelajaran sekolah, dan semua tutorial saya sarankan mereka untyk mencari sendiri di internet. Dan isi dari tulisan, seberapa besar mereka memberikan informasi kepada pembaca merupakan salah satu poin dalam penilaian saya. Dibatas waktu pengumpulan alamat blog, saya random tiap kelas untuk 5 siswa mempresentasikan dikelas cara mereka membuat, isi postingan yang mereka publish, demi meminimalisir kecurangan mereka dibuatkan blog oleh orang lain.

Semoga usaha kecil saya ini bisa saya kerjakan secara istiqomah. Umik saya pernah menyampaikan "selalu luangkan waktumu untuk share ilmu yang kamu punya, mengajarlah dengan baik, dan jangan lupa untuk tidak bosan-bosan terus belajar, meningkatkan mutu apa yang akan kamu sampaikan, karena tidak ada usaha yang sia-sia dimata Allah".

Tidak ada komentar: